UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI MEDIA PERMAINAN Gaprek Kempung BERBASIS PENYELESAIAN SOAL PADA MATERI KALOR

  • EVA YUNI PRATIWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kelayakan media permainan Gaprek Kempung ditinjau dari aspek kevalidan berdasarkan hasil validasi; 2) Mendeskripsikan kelayakan media permainan Gaprek Kempung ditinjau dari aspek keefektifan berdasarkan peningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi kalor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada desain instruksional ASSURE. Media permainan yang dikembangkan diujicobakan pada 24 siswa kelas VII-E SMPN 1 Wonoayu. Hasil dari penelitian ini adalah media yang dikembangkan valid digunakan sebagai media pembelajaran pada materi kalor yang ditunjukkan dari hasil validasi berdasarkan aspek kriteria isi 93,34 %, kriteria bahasa 93,07%, kriteria penyajian 95,02%, dan kriteria persyaratan permainan pendidikan sebesar 96,68% dengan kriteria sangat layak. Media permainan Gaprek Kempung yang dikembangkan dikatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada materi kalor terbukti melalui peningkatan pemahaman konsep siswa dari pretest 12,50% dan posttest menjadi 87,5%. Dapat disimpulkan bahwa media permainan Gaprek Kempung sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA serta dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

 

Kata Kunci: Media Permainan, Gaprek Kempung, Penyelesaian Soal, Pemahaman Konse.

Published
2016-05-16
How to Cite
YUNI PRATIWI, E. (2016). UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI MEDIA PERMAINAN Gaprek Kempung BERBASIS PENYELESAIAN SOAL PADA MATERI KALOR. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15004
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 149