MODUL PENGAYAAN BERSTRATEGI PQ4R PADA MATERI PEMANANSAN GLOBAL

  • ASRUL HUSAIN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas, keefektifan, dan kepraktisan modul pengayaan berstrategi PQ4R pada materi pemanasan global. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang dibatasi sampai uji coba terbatas pada 10 siswa kelas VIII-6 di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo dan revisi. Hasil validasi menunjukkan persentase kelayakan isi 85,33 % dan kelayakan konstruksi 85,83 % dengan kategori sangat valid. Modul pengayaan berstrategi PQ4R pada materi pemanasan global sangat efektif digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Modul pengayaan berstrategi PQ4R pada materi pemanasan global sangat praktis digunakan dalam pembelajaran berdasarkan respon siswa dengan persentase aspek penyajian 92,5 %, persentase aspek tata bahasa diperoleh sebesar 90 %, dan persentase aspek isi diperoleh sebesar 86,25 %. 

Kata kunci: pemanasan global dan modul pengayaan berstrategi PQ4R

Published
2016-05-17
How to Cite
HUSAIN, A. (2016). MODUL PENGAYAAN BERSTRATEGI PQ4R PADA MATERI PEMANANSAN GLOBAL. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15074
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 46