PENERAPAN PERMAINAN TRUTH OR DARE MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP

  • EVI NURUL INDAYANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar setelah dilakukan pembelajaran IPA dengan menggunakan permainan Truth or Dare materi sistem ekskresi. Jenis penelitian ini adalah True Eksperiment Design.   Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 32 Surabaya tang terdiri dari 8 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-F sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian meliputi pre-test  dan post-test. Hasil post-test dianalisis menggunakan uji-t satu pihak. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dengan menggunakan uji-t satu pihak, dengan nilai t hitung = 2,43 sedangkan dari tabel t(1- 0,05)(64) = 1,67. Nilai sikap spiritual kelas eksperimen sebesar 3,75 dan nilai sikap sosial sebesar 3,73 sedangkan pada kelas kontrol nilai sikap spiritual sebesar 3,47 dan nilai sikap sosial sebesar 3,42. Nilai aspek keterampilan siswa kelas eksperimen sebesar 3,77 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 3,41.

Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Permainan Truth or Dare, Hasil Belajar

Published
2016-05-18
How to Cite
NURUL INDAYANTI, E. (2016). PENERAPAN PERMAINAN TRUTH OR DARE MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15095
Abstract Views: 257
PDF Downloads: 253