KELAYAKAN MEDIA PERMAINAN IPA EDU CARD PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA BAGI SISWA KELAS VII

  • NURUL FATHONAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan teoritis dan empiris media permainan IPA Edu Card materi kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan media pembelajaran ASSURE yang dikembangkan oleh Smaldino et al., (2011). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar telaah media, lembar validasi media, dan lembar observasi. Uji coba terbatas media permainan IPA Edu Card dilakukan di SMP Negeri 32 Surabaya pada 15 siswa kelas VII. Data yang diperoleh meliputi hasil validasi kelayakan media berdasarkan komponen kelayakan isi media (86,67% layak), komponen format media (91,67% sangat layak), komponen kelayakan visual (90,67% sangat layak), komponen kebahasaan media (90,00% sangat layak), dan komponen fungsi/kualitas media (93,33% sangat layak). Kelayakan empiris berdasarkan aktivitas siswa 88,33% (sangat baik) dan respon siswa 92,22% (sangat baik). Adapun sikap jujur diperoleh rentang nilai 3,25-4,00 dan sikap tanggungjawab dengan rentang nilai 3,50-4,00. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media permainan IPA Edu Card materi kalor dan perpindahannya yang dikembangkan layak secara teoritis dan empiris. Untuk penelitian selanjutnya perlu diterapkan media permainan IPA Edu Card dalam 1 kelas untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dan memodifikasi materi yang digunakan dengan materi IPA yang lain.

Kata kunci :  permainan IPA Edu Card, kalor dan perpindahannya.

Published
2016-05-18
How to Cite
FATHONAH, N. (2016). KELAYAKAN MEDIA PERMAINAN IPA EDU CARD PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA BAGI SISWA KELAS VII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15100
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 91