MODEL PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMPN 32 SURABAYA

  • FITRIANA NUR ASTUTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan keterampilan komunikasi siswa (bertanya dan berpendapat serta menyampaikan hasil percobaan/ pengamatan) setelah diterapkan model pembelajaran aktif pada materi ekosistem . Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pre-experimental design. Rancangan penelitiannya adalah one shoot case study. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII-H SMPN 32 Surabaya yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan lembar pengamatan keterampilan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi (bertanya dan berpendapat) mendapat nilai rata-rata tiap pertemuan sebesar 3,47; 3,56 dan 3,68 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 100%, sedangkan keterampilan komunikasi (menyampaikan hasil percobaan atau pengamatan) mendapat nilai rata-rata tiap pertemuan sebesar 3,07; 3,07 dan 3,60 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 100%. Dua aspek keterampilan komunikasi tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran aktif dapat melatihkan keterampilan komunikasi siswa. Penerapan model pembelajaran aktif (active learning) sebaiknya dilakukan terus-menerus dalam pembelajaran secara efektif dan diterapkan pada materi lain karena model pembelajarn aktif (active learning) dapat melatihkan keterampilan komunikasi dan meningkatkan hasil belajar.

Kata kunci: Model Pembelajaran Aktif, Keterampilan Komunikasi, Materi Ekosistem

Published
2016-05-19
How to Cite
NUR ASTUTI, F. (2016). MODEL PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMPN 32 SURABAYA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15123
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 44