KELAYAKAN GAME CLASSIFICATION OF KINGDOM ANIMALIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN

  • ANIK MASRUROH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media permainan berupa Game Classification of Kingdom Animalia yang layak sebagai media pembelajaran pada materi klasifikasi hewan ditinjau dari tiga aspek kelayakan menurut Nieveen yakni kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari Sugiyono (2012). Data diperoleh dari lembar telaah, lembar validasi, lembar kepraktisan berupa angket respon dan lembar keefektifan berupa lembar aktivitas siswa dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media ditinjau dari aspek kevalidan secara keseluruhan memperoleh nilai sebesar 88,43% dengan kriteria sangat layak, dari aspek kepraktisan media ini mendapat respon sangat baik dengan nilai 85,93% dan dari aspek keefektifan ditinjau dari aktivitas siswa siswa paling banyak dilakukan adalah ketertarikan siswa saat memainkan game meskipun mengalami kesulitan dengan persentase 57,5% bermain secara mandiri tanpa bantuan teman atau guru dengan persentase 42,5% dan penggunaan buku pedoman saat bermain game sebesar 36,25%. Sedangkan kepraktisan ditinjau dari hasil belajar siswa memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 93,75% dan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 87,5%. Sehingga Game Classification of Kingdom Animalia layak sebagai media pembelajaran edukatif pada siswa SMP dengan kriteria valid, efektif dan praktis.

Kata Kunci: Game Classification of Kingdom Animalia, R&D dan kelayakan.

Published
2016-05-19
How to Cite
MASRUROH, A. (2016). KELAYAKAN GAME CLASSIFICATION OF KINGDOM ANIMALIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15139
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 86