KELAYAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM TRANSPORTASI MANUSIA

  • AZIZATUL ZAINIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan siswa model discovery learning pada materi sistem transportasi manusia yang layak berdasarkan aspek kelayakan teoritis dan empiris. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate, tapi tahap disseminate tidak dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembar kegiatan siswa yang dikembangkan dinyatakan layak secara teoritis ditinjau dari hasil penilaian para validator dengan rata-rata persentase kelayakan sebesar sebesar 96,43% untuk LKS 1 dan 97,32% untuk LKS 2 dengan kriteria sangat layak. Hasil kelayakan lembar kegiatan siswa secara empiris berdasarkan hasil tes dan hasil aktivitas siswa menunjukkan bahwa LKS berpengaruh dapat meningkatkan kemampuan literasi sains pada aspek konten, proses, dan konteks. Pembelajaran menggunakan LKS yang dikembangkan mampu meningkatkan aspek konten sains dan diperoleh gain score sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Pada aspek proses diperoleh gain score sebesar 0.69 dengan kategori sedang. Pada aspek konteks sains diperoleh gain score sebesar 0.59 dengan kategori sedang. Kelayakan lembar kegiatan siswa secara empiris ditinjau dari hasil respon siswa dinyatakan sangat layak dengan rata-rata persentase kelayakan sebesar 97,78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lembar kegiatan siswa model discovery learning pada materi sistem transportasi manusia dinyatakan layak berdasarkan aspek kelayakan teoritis dan empiris untuk melatihkan kemampuan literasi sains siswa kelas VIII.

Kata Kunci: lembar kegiatan siswa, literasi sains

Published
2016-05-19
How to Cite
ZAINIA, A. (2016). KELAYAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM TRANSPORTASI MANUSIA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15140
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 32