PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA MINUMAN KEMASAN UNTUK KELAS VIII SMP

  • M. ROZIKUL ANWAR

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah tersusunnya perangkat IPA terpadu tema minuman kemasan yang memiliki kriteria kelayakan teoritis, kelayakan empiris dan hasil belajar berdasarkan uji coba terbatas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkat IPA terpadu tema minuman kemasan untuk smp kelas VIII yang mengacu pada model 4D dikembangkan oleh Thiagarajan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik validasi perangkat pembelajaran untuk memperoleh kelayakan teoritis, pengambilan respon siswa untuk memperoleh kelayakan empiris, serta hasil belajara siswa untuk mengethui ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perangkat IPA terpadu tema minuman kemasan untuk SMP kelas VIII layak digunakan dilihat dari aspek: 1) Kelayakan perangkat pembelajaran IPA Terpadu tema minuman kemasan secara teoritis layak untuk digunakan dengan rata-rata total sebesar 85,41% dengan kriteria “sangat baik”; 2) Untuk kelayakan perangkat pembelajaran IPA Terpadu pada tema tema minuman kemasan secara empiris mendapatkan hasil rata-rata total persentase sebesar 90,10% dengan kriteria sangat kuat; 3) Hasil belajar siswa diperoleh persentase untuk siswa yang tuntas sebesar 85,00% sedangkan yang tidak tuntas sebesar 15,00%.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, IPA Terpadu, Minuman Kemasan.

Published
2016-05-19
How to Cite
ROZIKUL ANWAR, M. (2016). PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA MINUMAN KEMASAN UNTUK KELAS VIII SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15144
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 25