PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING PROCESS (OLP) MELALUI PEMANFAATAN TAMAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP

  • WULAN SUCI RAMADHANI bm

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang (1) keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama menerapkan pembelajaran OLP melalui pemanfaatan taman sekolah sebagai sumber belajar materi klasifikasi tumbuhan di kelas VII SMP Negeri 1 Sampang, (2) aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran OLP melalui pemanfaatan taman sekolah sebagai sumber belajar materi klasifikasi tumbuhan di kelas VII SMP Negeri 1 Sampang, (3) ketuntasan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran OLP melalui pemanfaatan taman sekolah sebagai sumber belajar materi klasifikasi tumbuhan di kelas VII SMP Negeri 1 Sampang, dan (4) respon siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sampang terhadap pelaksanaan pembelajaran OLP melalui pemanfaatan taman sekolah sebagai sumber belajar materi klasifikasi tumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan menggunakan rancangan “One Group Pre-test Post-test  Design”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama menerapkan pembelajaran OLP pada pertemuan 2 dan pertemuan 3 sudah terlaksana dengan sangat baik karena mendapatkan penilaian dari ketiga pengamat dengan persentase ≥ 80%. Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran OLP sangat aktif. Aspek aktivitas siswa yang tinggi terdapat pada saat mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru, mengamati tumbuhan di lingkungan sekitar sekolah, aspek mencari informasi yang berkaitan dengan materi, dan aspek mengerjakan LKS secara berkelompok dan mendiskusikannya yakni sebesar 100%. Ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII-A setelah mengikuti pembelajaran OLP mencapai ketuntasan klasikal dengan persentase sebesar 81,3%. Sebelum mengikuti pembelajaran OLP diperoleh data nilai siswa VII-A KD 3.3 ketuntasan klasikal hanya mencapai 25%. Hal ini menunjukkan ada peningkatan persentase ketuntasan klasikal yang signifikan dibandingkan nilai sebelumnya yang belum menerapkan pembelajaran OLP. Respon siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran OLP yakni dengan persentase sebesar 97,8% siswa setuju dan tertarik dengan pembelajaran OLP.

Kata Kunci : pembelajaran Outdoor Learning Process (OLP), sumber belajar, klasifikasi tumbuhan, hasil belajar

Published
2016-06-03
How to Cite
SUCI RAMADHANI bm, W. (2016). PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING PROCESS (OLP) MELALUI PEMANFAATAN TAMAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15312
Abstract Views: 306
PDF Downloads: 339