PENERAPAN STRATEGI DEBAT AKTIF UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

  • Audhea Setya Pramesswari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa dalam penerapan strategi debat aktif pada Materi Pemanasan Global. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan menggunakan satu kelas perlakuan, yaitu kelas VII-F SMP Negeri 2 Jombang sebanyak 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pree-test dan post-test, untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi debat aktif , keterampilan berpikir kritis siswa tiap aspek mengalami peningkatan antara lain interpretasi 96,67 %, analisis 98,33 %, evaluasi 60,94 %, inferensi 79,69 %, dan eksplanasi 98,44.Ketuntasan keterampilan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 90,62 % dengan rata-rata 84,94. Dengan peningkatan rata-rata N-Gain sebesar 0,64 masuk dalam kategori sedang. Pengamatan aktivitas siswa mengalami peningkatan aktivitas yang dinilai baik sebesar 10,42 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi debat aktif dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: strategi debat aktif, keterampilan berpikir kritis pemanasan global

Published
2016-06-09
How to Cite
Setya Pramesswari, A. (2016). PENERAPAN STRATEGI DEBAT AKTIF UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15331
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 128