PENERAPAN STRATEGI STUDENT QUESTION UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN 

  • SURYATIN ARDININGSIH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan reliabilitas penerapan strategi student question terhadap keterampilan komunikasi siswa melalui peningkatan keterampilan komunikasi lisan siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian Matching Pretest-Posttest Control Group Design yang menggunakan dua kelas yakni kelas unggulan dan reguler yang diberi perlakuan yang sama. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi student question reliabel (ajeg) untuk melatihkan keterampilan komunikasi dengan koefisien reliabilitas 0,64. Hal tersebut ditunjang dengan nilai keterampilan komunikasi lisan yang meningkat dengan didapat gain skor 0,4 untuk kelas unggulan dan gain skor 0,3 untuk kelas reguler dengan predikat sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan strategi student question reliabel (ajeg) sehingga dapat diterapkan baik di kelas unggulan maupun kelas reguler.

Kata Kunci: Strategi student question, keterampilan komunikasi lisan

Published
2016-06-13
How to Cite
ARDININGSIH, S. (2016). PENERAPAN STRATEGI STUDENT QUESTION UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN . PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15392
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 52