PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA DAN KIT IPA PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS dan KIT IPA pada materi energi dalam sistem kehidupan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Model pengembangan perangkat menggunakan metode 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Uji coba dilakukan di SMP Negeri 1 Pademawu, Pamekasan. Kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS dan KIT IPA memperoleh rata-rata sebesar 95,7% dan 93,3% dengan kategori sangat layak. Kelayakan perangkat pembelajaran dari aspek kepraktisan menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran discovery dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai skor rata-rata sebesar 90%, 92,5% dan 92,5% sehingga diperoleh skor rata-rata setiap pertemuan sebesar 91,6%. Kelayakan perangkat dari aspek keefektifan menunjukkan ketuntasan indikator berpikir kritis siswa sebesar 80%, hasil keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 95% dan sebanyak 93,75% siswa memberikan respon positif terhadap LKS dan KIT IPA yang dikembangkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKS dan KIT IPA yang dikembangkan layak dari aspek validitas, kepraktisan dan keefektifan serta dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: LKS, KIT IPA, Keterampilan Berpikir Kritis,Keefektifan, Kepraktisan, Validitas.
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)