PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA TEMA BIOPESTISIDA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP

  • DENYS ARLIANOVITA

Abstract

Penelitian pembelajaran Problem Based Instruction terhadap kemampuan literasi sains siswa bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan RPP, kemampuan literasi sains siswa dan respon siswa dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Instruction. Penelitian ini menggunakan design Pre-Eksperimental Design dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Postest Design.  Subjek penelitian adalah siswa kelas VII AT SMP Negeri 21 Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes literasi dan lembar respon siswa.  Hasil penelitian menunjukkan keterlaksaan pada pertemuan pertama rata-rata adalah 3,58 dengan ketegori sangat baik dan sebesar 3,60 pada pertemuan kedua dengan kategori sangat baik. Kemampuan literasi pada aspek konten siswa ditekankan pada pemahaman konsep-konsep sains tentang pencemaran lingkungan, aspek konteks menekankan siswa pada pengaplikasian sains yang terkait situasi individu (personal) dan komunitas (social), sedangkan aspek proses menekankan pada kemampuan mengidentifikasi pertanyaan, menjelaskan fenomena dengan menggunakan bukti ilmiah melalui percobaan pembuatan biopestisida.  Hasil pre-test kemampuan literasi sains, siswa memiliki rata-rata nilai sebesar 14,00 dan berada pada level 1 dan hasil post-test menunjukkan bahwa siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 53,00 dan berada pada level 3. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa Gain score menunjukkan bahwa siswa memiliki peningkatan yang sedang. Respon siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah pada tema biopestisida menunjukkan respon positif yaitu 74,50% dengan kategori baik.

Kata Kunci: Model Problem Based Instruction, Literasi Sains, Biopestisida.

Published
2016-06-29
How to Cite
ARLIANOVITA, D. (2016). PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA TEMA BIOPESTISIDA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15821
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 72