PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA PADA SISWA KELAS VII

  • ANITA NURAINI DYAH WIDAYANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi kalor dan perpindahannya pada siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah pre – experimental design dengan menggunakan desain one group pretest-postest design. Data yang diukur meliputi hasil belajar siswa. Penentuan sasaran penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling pada kelas VII-A di SMPN 2 Lamongan dengan jumlah siswa 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode tes yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran (pretest dan postest). Data dianalisis secara deskriptiv kuantitatif dengan uji N-Gain untuk melihat peningkatan hasil belajar pada kelas VII-A tersebut. Berdasarkan hasil uji N-Gain pada kelas VII-A rata – rata perolehan nilai pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 53%, selain itu rata – rata perolehan nilai n-gain sebesar 0,79 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.

 

Kata kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik.

Published
2016-06-29
How to Cite
NURAINI DYAH WIDAYANTI, A. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA PADA SISWA KELAS VII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15834
Abstract Views: 258
PDF Downloads: 179