ANALISIS KECAKAPAN HIDUP SPESIFIK (SPECIFIC LIFE SKILLS) SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SUB MATERI GINJAL

  • Iin Aristi Malyda Alfa

Abstract

Proses pembelajaran IPA ke arah penguasaan kompetensi dasar yang bermuara pada penguasaan kecakapan hidup yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat perlu dilakukan sebagai bekal peserta didik untuk berani menghadapi masalah kehidupan dan mampu menyelesaikan masalah secara kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecakapan hidup spesifik siswa. Jenis penelitian pra-eksperimen menggunakan rancangan penelitian One-Shot Case Study. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 21 Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 21 Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kecakapan hidup spesifik siswa menunjukkan hasil optimal dengan kriteria sangat baik dan persentase rata-rata skor pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga berturut-turut sebesar 90,45%; 93,58%; dan 91,15%, serta rata-rata nilai hasil post-test dari 38 siswa sebesar 70,41 dengan predikat cukup.

Kata Kunci: pembelajaran IPA, kecakapan hidup spesifik, sub materi ginjal.

Published
2016-07-23
How to Cite
Aristi Malyda Alfa, I. (2016). ANALISIS KECAKAPAN HIDUP SPESIFIK (SPECIFIC LIFE SKILLS) SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SUB MATERI GINJAL. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/16148
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 54