KELAYAKAN MEDIA ALAT PERAGA AIR MANCUR SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI HUKUM BOYLE

  • RESTU MAHARANI JALIL

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media alat peraga yang dapat digunakan pada proses pembelajaran materi Hukum Boyle yaitu media alat peraga air mancur sederhana. Media alat peraga yang dihasilkan harus memenuhi kriteria kelayakan yang ditinjau berdasarkan 3 aspek, yaitu validitas, keefektifan, dan kepraktisan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Pamekasan kelas VIII dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sebelum proses pengambilan data, media alatĀ  peraga air mancur sederhana yang dikembangkan ditelaah serta divalidasi terlebih dahulu oleh dosen ahli dan guru bidang studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media alat peraga air mancur sederhana valid berdasarkan hasil penilaian dari validator dengan persentase mencapai 86,7% dengan kriteria sangat baik. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan efektif karena dengan capaian skor gain rata-rata 0,68 (sedang), serta ketuntasanĀ  indikator yang mencapai persentase 85%, 84%, dan 92% . Kelayakan media dari aspek kepraktisan dilihat dari respon siswa setelah menggunakan media alat peraga air mancur sederhana dan diperoleh persentase rata-rata sebesar 95% yang menunjukkan bahwa media alat peraga mudah, menyenangkan, dan membantu memahami Hukum Boyle. Persentase ini lebih tinggi dibandingkan persentase respon siswa mengenai media sebelum dikembangkan. Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media alat peraga air mancur sederhana dinyatakan valid, efektif, dan praktis.

Kata Kunci: media alat peraga, validitas, keefektifan, kepraktisan

Published
2016-07-23
How to Cite
MAHARANI JALIL, R. (2016). KELAYAKAN MEDIA ALAT PERAGA AIR MANCUR SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI HUKUM BOYLE. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/16150
Abstract Views: 879
PDF Downloads: 834