STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII SMP

  • AMANDA GITA PRAMESWARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, keterampilan komunikasi, dan respon siswa dengan menerapkan  strategi Genius Learning pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental dengan desain One Group Pre-Test Post-Test Design dengan subyek penelitian 30 siswa kelas VIII-G SMP Negeri 1 Candi Sidoarjo. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Genius Learning terlaksana dengan baik yang ditinjau dari skor peningkatan aktivitas siswa saat pembelajaran menggunakan strategi Genius Learning yaitu antara rentang skor 3,00 hingga 3,77. Keterampilan komunikasi siswa mengalami peningkatan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test yang diperoleh yaitu untuk keterampilan komunikasi tertulis diketahui thitung > ttabel sebesar 27,60 > 1,70. Strategi Genius Learning juga dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan komunikasi lisan siswa yaitu rata-rata nilai post-test sebesar 3,24 dengan kriteria B+. Siswa memberikan respon positif sebesar 86,33% dengan kriteria sangat baik.

 

Kata Kunci: Genius Learning, keterampilan komunikasi, sistem ekskresi

Published
2016-07-23
How to Cite
GITA PRAMESWARI, A. (2016). STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/16151
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 29