PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA

  • VIBRIANSI ASTUTI

Abstract

Komunikasi merupakan hal penting sebagai alat interaksi manusia. Keterampilan komunikasi juga penting bagi siswa SMP sebagai bekal untuk menghadapi tantangan di zamannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak penerapan pembelajaran berbasis proyek pembuatan alat peraga sederhana materi sistem peredaran darah pada manusia terhadap keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian one group pretest and postest design. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, tes keterampilan komunikasi tertulis dan lisan, dan angket respon siswa. Data dianalisis secara kuantitatif dan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran berbasis proyek pembuatan alat peraga sederhana memperoleh skor sebesar 3,53 dengan predikat sangat baik, (2) aktivitas siswa yang teramati selama proses pembelajaran meliputi memperhatikan penjelasan guru, menyusun jadwal pembuatan proyek, mendesain perencanaan proyek, membuat alat peraga sederhana, dan mempresentasikan produk/alat peraga sederhana yang telah dibuat, (3) keterampilan komunikasi tertulis mengalami peningkatan yang tinggi dengan perolehan skor N-Gain sebesar 0,85. Keterampilan komunikasi lisan mengalami peningkatan antara presentasi pertama dan kedua dengan memperoleh rata-rata skor sebesar 3,19 dengan kategori baik, dan (4) siswa memberikan respon positif pembelajaran, yaitu dengan skor rata-rata 96,94%.

 

Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, keterampilan komunikasi, alat peraga sederhana 

Published
2016-07-23
How to Cite
ASTUTI, V. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/16152
Abstract Views: 251
PDF Downloads: 9454