PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN DOMINO CARD PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII

  • APRILLIA EKA WARDANY

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan permainan domino card pada materi sistem ekskresi terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 3 Peterongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif pra-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest dengan 1 kelas eksperimen dan 2 kelas replikasi. Data yang diukur meliputi validitas permainan domino card, motivasi belajar menggunakan ARCS dari John Keller, hasil belajar meliputi aspek pengetahuan , sikap dan keterampilan. Sasaran dilakukan denganmenggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-A, VIII-B dan VIII-C SMPN 3 Peterongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menghitung rata-rata tiap komponen ARCS angket motivasi, metode analisis data untuk hasil belajar menggunakan uji normalitas, uji n-gain dan uji-t. Metode analisis data dari aspek sikap dan aspek keterampilan menghitung rata-rata tiap kelas. Hasil validasi menunjukkan bahwa permainan domino card  layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan persentase 82,51%. Hasil angket motivasi menunjukkan pada aspek attention, relevance, confidence dan satisfaction tiap kelas mendapatkan kriteria baik. Hasil belajar aspek pegetahuan pada ketiga kelas menunjukkan peningkatan dengan N-Gain berturut-turut 0,73; 0,66 dan 0,75 dan hasil dari uji-t dari ketiga kelas menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pembelajaran antara ketiga. Pada aspek sikap sosial, spiritual dan aspek keterampilan masing-masing kelas mendapat predikat sangat baik.

 

Kata Kunci: domino card, motivasi belajar, hasil belajar siswa

Published
2016-07-23
How to Cite
EKA WARDANY, A. (2016). PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN DOMINO CARD PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/16154
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 155