KEEFEKTIVAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA

  • NURISKA ELA SAFITRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS yang layak berdasarkan aspek keefektifan yang meliputi respon siswa dan hasil tes keterampilan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Research and Development yang terdiri dari tiga tahapan yaitu pendahuluan, pengembangan, dan pengujian, tetapi dalam penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan dengan uji coba terbatas. Pengembangan LKS diujicobakan pada 15 siswa kelas VII SMPN 1 Mojokerto. Ujicoba menggunakan rancangan One Group pretest and posttest design. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket respon siswa dan tes keterampilan berpikir kreatif siswa.  Hasil kelayakan LKS berdasarkan aspek keefektifan yaitu hasil tes keterampilan berpikir kreatif siswa didapatkan sebesar 33% siswa sangat kreatif(jika siswa memenuhi seluruh indikator berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility dan originality dan hasil tes keterampilan berpikir kreatif ≥81), 47% siswa kreatif (jika hasil tes keterampilan berpikir kreatif ≥61) dan 20% siswa cukup kreatif (jika hasil tes keterampilan berpikir kreatif ≥41) sedangkan hasil angket respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata 89,7% menunjukkan kriteria sangat baik sehingga LKS berbasis inkuiri untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Inkuiri, Keterampilan Berpikir Kreatif, Materi Kalor dan Perpindahannya.

Published
2016-07-23
How to Cite
ELA SAFITRI, N. (2016). KEEFEKTIVAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/16155
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 41