PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LABORATORIUM PADA MATERI SUHU DAN PERPINDAHANNYA

  • Silvia Haryanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa SMP melalui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium pada materi suhu dan perubahannya. Penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Sasaran dalam penelitian ini adalah kelas VII-5 di SMP Negeri 5 Sidoarjo dengan jumlah siswa sebanyak 34. Data yang diukur dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa aspek pengetahuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik tes (pretest dan posttest).  Data dalam penelitian ini dianalisis dengan uji gain ternormalisasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada kelas VII-5. Berdasarkan perhitungan uji gain ternormalisasi, hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan meningkat dari rerata skor 51 pada pretest menjadi 81 pada posttest. Hal ini menunjukkan bahwa semua siswa mencapai ketuntasan pada materi suhu dan perubahannya. Peningkatan hasil belajar siswa aspek pengetahuan kelas VII-5 berada pada kategori sedang dengan skor <g> 0,65, sehingga peningkatan skor gain ternormalisasi pada kelas VII-5 dinyatakan baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: inkuiri terbimbing berbasis laboratorium, hasil belajar siswa

Published
2016-07-23
How to Cite
Haryanti, S. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LABORATORIUM PADA MATERI SUHU DAN PERPINDAHANNYA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/16157
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 32