KUALITAS INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VII PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP

  • SITI SYAMSIAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian literasi sains materi Interaksi Antar Makhluk Hidup kelas VII yang layak secara teoritis dan empiris. Kelayakan instrumen penilaian meliputi validitas logis pada aspek bahasa, materi, dan konstruksi, serta kelayakan empiris yang diukur dari validitas empiris, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan indeks distraktor. Pengembangan instrumen penilaian mengacu pada model pengembangan Fenrich yang meliputi tahap analisis, perencanaan, perancangan, pengembangan, implementasi, serta tahap evaluasi dan revisi. Instrumen diujicobakan pada sejumlah 38 siswa kelas VII-B di SMP Negeri 51 Surabaya. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa instrumen penilaian literasi sains dinyatakan layak secara teoritis (dengan persentase validitas logis sebesar 96%) dan empiris dengan rincian validitas empiris sebesar 20% soal dalam kategori sangat tinggi, 45% soal memiliki validitas tinggi, 15% soal cukup, dan 20% soal lainnya rendah; reliabilitas instrumen penilaian sebesar 0,85 yang termasuk sangat baik; tingkat kesukaran butir soal 5% soal dikategorikan sukar, 30% sedang, dan 65% mudah; daya pembeda butir soal sebanyak 40% sangat baik, 10% baik, 35% cukup, dan 15% kurang baik; serta indeks distraktor sebesar 77% opsi jawaban berfungsi dengan baik.

Kata Kunci: instrumen penilaian, literasi sains, kelayakan teoritis, kelayakan empiris.

Published
2016-07-26
How to Cite
SYAMSIAH, S. (2016). KUALITAS INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VII PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/16348
Abstract Views: 188
PDF Downloads: 166