PENGEMBANGAN PERMAINAN KOTAK-KATIK IPA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA DI SMP

  • ESTI ANUGRAHENI M

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan permainan Kotak-katik IPA pada materi Sistem Ekskresi sebagai media pembelajaran yang layak untuk digunakan. Kelayakan permainan Kotak-katik IPA ditinjau dari tiga aspek yaitu validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan mengacu pada model pengembangan 4D yang meliputi tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Uji coba terbatas dilakukan kepada 16 siswa kelas VIII-B di SMP Negeri 51 Surabaya dengan menggunakan sistem one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar angket respon siswa dan lembar tes hasil belajar (pretest-posttest).  Berdasarkan data hasil penelitian, permainan Kotak-katik IPA sebagai media pembelajaran dinyatakan sangat valid dengan persentase validitas sebesar 93%. Permainan Kotak-katik IPA sebagai media pembelajaran dinyatakan sangat praktis dengan persentase hasil respon siswa sebesar 96,48%. Permainan Kotak-katik IPA sebagai media pembelajaran dinyatakan sangat efektif dengan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 87,5% dan persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 100%. Dengan demikian, permainan Kotak-katik IPA dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: permainan Kotak-katik IPA, media pembelajaran, kelayakan.

Published
2016-08-16
How to Cite
ANUGRAHENI M, E. (2016). PENGEMBANGAN PERMAINAN KOTAK-KATIK IPA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA DI SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/16739
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 67