ANALISIS KELAYAKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PBL UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMP

  • FATKHIYATUR ROKHMAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan dari perangkat pembelajaran model PBL untuk menumbuhkan minat berwirausaha pada siswa SMP. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi SIlabus, RPP, Hand Out, dan LKS. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Bojonegoro  semester genap tahun ajaran 2015/2016. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan metode R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan rancangan one shot case study. Instrumen penelitian berupa telaah perangkat pembelajaran dan validasi perangkat pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Kelayakan perangkat pembelajaran ditinjau secara teoritis. Kelayakan secara teoritis ditinjau dari hasil penilaian perangkat pembelajaran oleh 2 dosen FMIPA Unesa.  Hasil persentase penilaian perangkat pembelajaran oleh 2 dosen FMIPA diperoleh hasil silabus 82,50%, RPP 83,33%, Hand Out 83,33%, dan LKS 85,00%. Rata – rata hasil validasi perangkat pembelajaran oleh 2 dosen FMIPA sebesar 83,54% dengan kategori sangat layak secara teoritis.

 

Kata Kunci: PBL, Perangkat Pembelajaran

Published
2016-08-24
How to Cite
ROKHMAH, F. (2016). ANALISIS KELAYAKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PBL UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/16957
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 31