PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERORIENTASI LEARNING CYCLE 5E UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

  • ERLINA PUTRI MAYANGSARI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kelayakan lembar kegiatan siswa berorientasi Learning Cycle 5E untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan perubahannya ditinjau dari aspek validitas, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan 4-D meliputi  Define, Design, Develop, Disseminate, namun dalam penelitian ini sampai pada tahap Design. Selanjutnya dilaksanakan ujicoba terbatas kepada 15 siswa  di kelas VII-4 SMP Negeri 5 Sidoarjo. Lembar kegiatan siswa yang digunakan merupakan LKS praktikum yang berisikan tahapan Learning Cycle 5E yaitu tahap Engagement Exploration Explanation Elaboration dan Evaluation pada materi suhu dan perubahannya. Setelah dilaksanakannya penelitian, diketahui bahwa kelayakan LKS berorientasi Learning Cycle 5E pada aspek validitas dinyatakan sangat layak dengan skor 91,7%. Kelayakan dari aspek kepraktisan ditinjau dari keterlakasaan pembelajaran yang mendapatkan kriteria sangat baik di setiap pertemuan dan ditinjau dari aktivitas siswa selama mengerjakan LKS yang mendapatkan peningkatan dari setiap pertemuan.  Aspek keefektifan ditinjau dari keterampilan berpikir kritis menggunakan pretest dan posttest yang memperoleh gain 0,70 mempunyai kriteria tinggi. Indikator keterampilan berpikir kritis juga diamati yaitu pada indikator interpretasi memperoleh gain 0,66, analisis 0,77, evaluasi 0,80, inferensi 0,92, dan penjelasan 0,66. Hal tersebut membuktikan bahwa setelah LKS diberikan terjadi peningkatan pada keterampilin berpikir kritis siswa. Kelayakan pengembangan LKS juga dinyatakan dengan respon yang diberikan siswa mendapatkan rata-rata persentase 94,21%.

Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Keterampilan Berpikir Kritis, Materi Suhu dan Perubahannya.

Published
2016-08-26
How to Cite
PUTRI MAYANGSARI, E. (2016). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERORIENTASI LEARNING CYCLE 5E UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/17067
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 45