KEEFEKTIFAN LEMBAR KEGIATAN SISWA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KELAS VII SMP

  • MILDA DWI LESTARI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan LKS Pemisahan Campuran untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Research and Development (R&D) yang dilaksanakan sampai pada ujicoba terbatas. Sasaran penelitian ini adalah LKS Pemisahan Campuran untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Metode yang digunakan adalah metode tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar siswa, dan lembar angket respon siswa. LKS ini dinyatakan layak berdasarkan  keefektifannya dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yang memperoleh persentase sebesar 66% dengan interpretasi efektif, serta peningkatan hasil belajar siswa sebesar 58% yang termasuk pada kriteria gain tinggi dan 42% siswa pada kriteria gain sedang. Adapun dari segi keterampilan proses sains siswa LKS Pemisahan Campuran dinyatakan belum efektif karena hanya memperoleh persentase sebesar 60%, namun peningkatan keterampilan proses sains siswa menunjukkan 58% siswa masuk pada kriteria gain tinggi dan 42% siswa masuk pada kriteria gain sedang. Adapun respon positif siswa memperoleh persentase sebesar 88% dengan interpretasi sangat efektif. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa LKS Pemisahan Campuran efektif berdasarkan hasil belajar kognitif siswa, dan respon  postitif siswa, namun LKS Pemisahan Campuran dinyatakan belum efektif berdasarkan ketuntasan keterampilan proses sains siswa

 

Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Keterampilan Proses Sains, Pemisahan Campuran

Published
2016-12-13
How to Cite
DWI LESTARI, M. (2016). KEEFEKTIFAN LEMBAR KEGIATAN SISWA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KELAS VII SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/17689
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 105