PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU UIPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP

  • THEO RISKI WIDIANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah permainan Kartu UIPA pada materi interaksi antar makhluk hidup untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kelayakan permainan ini ditinjau dari 3 aspek yaitu, kevalidan, kepraktisan, keefektifan. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian Researh and Development (R & D) yang meliputi 10 tahap tetapi yang digunakan dalam penelitian ini hingga tahap keenam yakni, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba desain. Penelitian ini dilakukan di SMP Praja Mukti Surabaya. Uji coba dilakukan kepada 22 siswa kelas VIII-H di SMP tersebut dengan menggunakan pre-test post-test. Instrumen yang digunakan pada permainan kartu UIPA ini adalah lembar validasi, lembar aktivitas siswa, angket respon siswa, lembar tes hasil belajar (pre-test post-test). Berdasarkan hasil penelitian hasil yang di dapat kevalidan permainan kartu UIPA dinyatakan sangat valid dengan presentase sebesar 86,93%, sedangkan untuk hasil angket respon siswa sebesar 93,93% dengan kategori sangat praktis, dan hasil dari aktivitas siswa mendapatkan presentase sebesar 92,61% dengan kategori sangat efektif. Jumlah siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar adalah 22 siswa, dengan rata-rata peningkatan sebesar 0,68 dalam kategori sedang.

Kata Kunci: permainan kartu UIPA, hasil belajar.

Published
2017-01-05
How to Cite
RISKI WIDIANTO, T. (2017). PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU UIPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18036
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 65