KEEFEKTIFAN LKS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS

  • ALI MUSTOFA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan LKS berbasis model pembelajaran discovery learning sebagai salah satu bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada submateri sifat-sifat cahaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan 4-D (define, design, develop, desseminate) terbatas pada tahap develop. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes kemampuan literasi sains yang terdiri dari pretest dan posttest masing-masing terdiri dari 10 soal dan lembar angket respons siswa. Hasil tes menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 87,50% dengan kategori sangat baik. Ketuntasan pada indikator pembelajaran pada aspek konten sains sebesar 93,75% dengan kategori sangat baik, aspek proses sains sebesar 67,50% dengan kategori baik dan aspek konteks aplikasi sains sebesar 98,44% dengan kategori sangat baik. Perolehan nilai N-Gain Score sebesar 0,4 dengan kategori sedang. Hasil respon siswa memperoleh persentase sebesar 97% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Kata Kunci: Keefektifan, LKS, Literasi Sains

Published
2017-01-05
How to Cite
MUSTOFA, A. (2017). KEEFEKTIFAN LKS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18038
Abstract Views: 217
PDF Downloads: 252