PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN MEDIAPERMAINAN GAPREK KEMPUNG MATERI GERAK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA DI SMP

  • MUHAMMAD AINUN NAIM

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian penerapan Model kooperatif dengan menggunakan permainan gaprek kempung meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi gerak di SMP. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa. Jenis penelitian Penerapam dengan desain True Experimental Design peneliti memakai satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol sebagai pembanding. Rancangan penelitian yang menggunakan pre-test and post-test control group design.. Sampel penelitian meliputi siswa kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-J sebagai kelas kontrol di SMP Praja Mukti Surabaya. Aspek kognitif kelas eksperimen diketahui lebih baik dari kelas kontrol menggunakan uji-t sepihak, dengan nilai thiung = 1,74 dibandingkan dari ttabel(1 – 0,05)(64) = 1,67. Berdasarkan data aspek keterampilan siswa kelas eksprimen lebih baik baik dari kelas kontrol, nilai rata-rata kelas eksperimen A1:3,9 ; A2:3,6 ; A3:3,4 ; A4:3,5 ; A5:3,6 sedangkan kelas kontrol A1:3,9 ; A2:3,6 ; A3:3,2 ; A4:3,3 ; A5:3,1. skor rata-rata keterampilan siswa kelas kontrol sebesar 3,48 sedangkan kelas eksperimen sebesar 3,75. Secara keseluruhan skor rata-rata aspek keterampilan siswa dalam kriteria baik. Secara utuh dapat dikatakan pembelajaran yang dilakukan mmenggunakan model kooperatif dengan menggunakan gaprek kempung berpengaruh terhadap hasil belajar siswa baik secara aspek pengetahuan maupun aspek keterampilan materi gerak kelas VIII.
Kata Kunci : Model Kooperatif, Permainan Gaprek Kempung, Hasil Belajar Siswa

Published
2017-01-09
How to Cite
AINUN NAIM, M. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN MEDIAPERMAINAN GAPREK KEMPUNG MATERI GERAK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA DI SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18124
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 27