PENERAPAN PERANGKAT MODEL DISCOVERY LEARNING pada MATERI PEMANASAN GLOBAL untuk MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP KELAS VII

  • YAUMI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model discovery learning, aktivitas siswa,  peningkatan literasi sains siswa, dan respons siswa. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian Pre-Experimental dengan menggunakan rancangan penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-F dan VII-G. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2016.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran discovery learning menunjukkan kriteria sangat baik pada pertemuan 1 dan pertemuan 2, dengan skor 3,60 dan 3,50. Persentase aktivitas siswa yang terlaksana terkait discovery learning yaitu sebesar 88,2% dan 87,5%. Hasil analisis N-Gain rata–rata pencapaian literasi sains siswa mengalami peningkatan sebesar 0,41 dan 0,35 dengan kategori sedang. Rata-rata pencapaian literasi sains siswa berada pada level 2 dan terjadi peningkatan berada pada level 4. Siswa memberikan respons positif terhadap proses pembelajaran discovery learning yaitu sebesar 92,9% dan 94,1%.

Kata Kunci: Discovery Learning,  Literasi Sains

Published
2017-01-19
How to Cite
YAUMI,. (2017). PENERAPAN PERANGKAT MODEL DISCOVERY LEARNING pada MATERI PEMANASAN GLOBAL untuk MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP KELAS VII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18499
Abstract Views: 292
PDF Downloads: 362