PENERAPAN PERANGKAT MODEL DISCOVERY LEARNING pada MATERI PEMANASAN GLOBAL untuk MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.26740/pensa.v5i1.18499Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model discovery learning, aktivitas siswa, peningkatan literasi sains siswa, dan respons siswa. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian Pre-Experimental dengan menggunakan rancangan penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-F dan VII-G. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran discovery learning menunjukkan kriteria sangat baik pada pertemuan 1 dan pertemuan 2, dengan skor 3,60 dan 3,50. Persentase aktivitas siswa yang terlaksana terkait discovery learning yaitu sebesar 88,2% dan 87,5%. Hasil analisis N-Gain rata–rata pencapaian literasi sains siswa mengalami peningkatan sebesar 0,41 dan 0,35 dengan kategori sedang. Rata-rata pencapaian literasi sains siswa berada pada level 2 dan terjadi peningkatan berada pada level 4. Siswa memberikan respons positif terhadap proses pembelajaran discovery learning yaitu sebesar 92,9% dan 94,1%.
Kata Kunci: Discovery Learning, Literasi Sains
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 342
,
PDF Downloads: 403














