STRATEGI PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN

  • NOFITA TANJUNG

Abstract

Penelitian tentang  pembelajaran TGT (Teams Game Tournament) terhadap hasil belajar siswa bertujuan untuk menjelaskan keterlaksanaan RPP, hasil belajar dan respon siswa menggunakan  pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan menggunakan rancangan penelitian One-Group Pretest-Postest Design.  Subjek yang diguanakan dalam penelitian ini pada siswa  yang berada di kelas VIII A SMP Negeri 1 Brondong. Dalam penelitian ini Instrumen yang digunakan ada tiga yaitu lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar pretest dan posttest serta lembar respon siswa.  Hasil dari penelitian iini menunjukkan keterlaksaan rata-rata adalah 3,77 dengan ketegori sangat baik. Hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 1,68 dengan predikat C- dan setelah dilakukan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 2,98 dengan predikat B. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa nilai gain score sebesar 0,54 yang ada diantara 0,30 dan 0,70 dengan kriteria gain score sedang. Hal tersebut dapat diartikan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan. Respon siswa terhadap pembelajaran TGT (Teams Game Tournament) pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan menunjukkan respon positif yaitu 96,57% kategori sangat baik.

Kata Kunci: TGT (Teams Game Tournament), Hasil Belajar, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

Published
2017-01-19
How to Cite
TANJUNG, N. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18506
Abstract Views: 172
PDF Downloads: 153