PENERAPAN ANALYTICAL THINKING SKILL DENGAN BANTUAN STRATEGI 5W+1H UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • ALIF RISKY KHAFILATUR RUSDIYAH

Abstract

Penerapan Analytical Thinking Skill menunjang tumbuh kembangnya proses berpikir siswa khususya pada pembelajaran IPA. Pendekatan Analytical Thinking Skill pada siswa dapat mengaplikasikan teknis analisis dan penerapan pengetahuan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan bantuan strategi 5W+1H menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Sasaran penelitian sebanyak 30 siswa di SMP Negeri 1 Larangan kelas VII-8 sebagai sampel. Penelitian ini diawali dengan pretest dan diakhiri dengan postest. Pretest digunakan untuk mengetahui belajar siswa sebelum menerapkan pendekatan Analytical Thinking Skil dengan strategi 5W+1H, sedangkan posttest digunakan untuk mengetahui belajar siswa setelah menerapkan pendekatan Analytical Thinking Skil dengan strategi 5W+1H. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Parameter yang diukur adalah hasil belajar. Peningatan hasil belajar diukur dengan menggunakan N-Gain sebesar 0,38 dengan kriteria sedang. Siswa tertarik terhadap pembelajaran strategi 5W+1H, yaitu mencapai 97,1%. Berdasarkan hasil data di atas diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VII menggunakan strategi 5W+1H.

Kata Kunci: Analytical Thinking Skill, hasil belajar.

Published
2017-01-31
How to Cite
RISKY KHAFILATUR RUSDIYAH, A. (2017). PENERAPAN ANALYTICAL THINKING SKILL DENGAN BANTUAN STRATEGI 5W+1H UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18625
Abstract Views: 137
PDF Downloads: 98