PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP ASPEK PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS VIII

  • FRIDA DWI KURNIATY

Abstract

Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi dalam diri manusia menjadi lebih baik. IPA merupakan salah satu matapelajaran dalam pendidikan. Pelajaran IPA merupakan kumpulan pengetahuan yang tersusun sistematis yang didalamnya memuat fakta, konsep, dan teori. Berdasarkan penelitian awal, diketahui siswa kurang mampu dalam pelajaran IPA. Hasil belajar (aspek pengetahuan) siswa dalam pelajaran IPA masih kurang maksimal dan penggunaan media permainan belum terlaksana. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan aspek pengetahuan dan aspek keterampilan siswa Kelas VIII setelah diterapkannya model kooperatif tipe TGT. Penelitian menggunakan rancangan penelitian “One-Group Pretest-Posttest Design”. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa aspek pengetahuan mendapatkan nilai gain score sebesar 0,61 dengan kriteria sedang dan mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 100%. Aspek keterampilan yang meliputi keterampilan penggunaan mikroskop, teknik pembuatan preparat, dan penggunaan panca indera dalam pengamatan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 78,67 dengan kategori baik.  

Kata Kunci: Model kooperatif tipe Teams Games Tournament, aspek pengetahuan, aspek keterampilan

Published
2017-04-03
How to Cite
DWI KURNIATY, F. (2017). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP ASPEK PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS VIII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18749
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 61