KESESUAIAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP

  • MOCHAMAD RIDUWAN

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap pemahaman konsep IPA melalui metode pembelajaran learning by talking and hearing, learning by moving and doing, dan learning by observing and picturing. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Variabel bebas manipulatif yaitu motode pembelajaran Variabel bebas atributif yaitu gaya belajar. Variabel terikatnya yaitu pemahaman konsep IPA. Variabel kontrolnya yaitu materi yang diajarkan, guru yang melakukan pembelajaran, dan alokasi waktu dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Surabaya kelas VIII E, VIII F, VIII G tahun ajaran 2016/2017 semester genap. Hasil penelitian ini yaitu (1) Gaya belajar memengaruhi pemahaman konsep IPA melalui metode pembelajaran learning by talking and hearing dibuktikan dengan nilai signifikansi uji one way ANOVA menggunakan SPSS 16 sebesar 0,008 atau <0,05. Selain itu, metode pembelajaran learning by talking and hearing lebih cocok diterapkan kepada siswa yang cenderung bergaya belajar auditorial. (2) Gaya belajar memengaruhi pemahaman konsep IPA melalui metode pembelajaran learning by moving and doing dibuktikan dengan nilai signifikansi uji one way ANOVA menggunakan SPSS 16 sebesar 0,006 atau <0,05. Selain itu, metode pembelajaran learning by moving and doing lebih cocok diterapkan kepada siswa yang cenderung bergaya belajar kinestetik. (3) Gaya belajar memengaruhi pemahaman konsep IPA melalui metode pembelajaran learning by observing and picturing dibuktikan dengan nilai signifikansi uji one way ANOVA menggunakan SPSS 16 sebesar 0,031 atau <0,05. Selain itu, metode pembelajaran learning by observing and picturing lebih cocok diterapkan kepada siswa yang cenderung bergaya belajar visual.

Kata kunci: learning by talking and hearing, learning by moving and doing, learning by observing and picturing, visual, auditorial, kinestetik, pemahaman konsep

Published
2017-04-05
How to Cite
RIDUWAN, M. (2017). KESESUAIAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18754
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 71