PENGEMBANGAN KIT STRUKTUR BUMI DAN SIMULASI GEMPA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII

  • DEASSY LAILY PARAMITA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan KIT Struktur Bumi dan Simulasi Gempa sebagai pendukung model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dengan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dan desain penelitian one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KIT Struktur Bumi dan Simulasi Gempa yang dikembangkan berdasarkan aspek kevalidan dinyatakan sangat layak dengan persentase rata-rata 93%. Kepraktisan KIT Struktur Bumi dan Simulasi Gempa ditinjau dari dari hasil pengamatan aktivitas guru memperoleh kriteria sangat baik dengan persentase rata-rata 89% serta aktivitas siswa menggunakan KIT yang memuat indikator berpikir kritis memperoleh persentase rata-rata 84% dengan kriteria sangat baik serta sebanyak 93% siswa merespon positif terhadap KIT Struktur Bumi dan Simulasi Gempa yang dikembangkan dengan berperan aktif dalam proses pembelajaran. Keefektifan KIT Struktur Bumi dan Simulasi Gempa menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa meningkat dari 37,2 menjadi 73,7 pada tes keterampilan berpikir kritis serta terdapat 4 siswa dengan peningkatan tinggi dan 11 lainnya dengan peningkatan sedang dari 15 siswa yang diujicobakan secara terbatas. Disimpulkan bahwa KIT Struktur Bumi dan Simulasi Gempa untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dinyatakan layak berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.   

Kata kunci:  KIT struktur bumi, simulasi gempa, berpikir kritis

Published
2017-04-13
How to Cite
LAILY PARAMITA, D. (2017). PENGEMBANGAN KIT STRUKTUR BUMI DAN SIMULASI GEMPA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18835
Abstract Views: 195
PDF Downloads: 202