PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 SIDOARJO

  • AYU ARVIANI PUTRI SAIFIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA model Project Based Learning (PjBL) pada materi sel sebagai unit struktural dan fungsional kehidupan yang layak digunakan berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) meliputi 10 tahap namun hanya sampai pada tahap uji coba desain. Uji coba desain dilakukan terhadap 16 siswa kelas VII-7 SMPN 2 Sidoarjo. Data yang diperoleh di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh validitas perangkat pembelajaran IPA model Project Based Learning (PjBL) dinyatakan sangat layak (89,89%). Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari keterlaksanaan perangkat pembelajaran sebesar 3,59 dengan kriteria baik. Keefektifan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil belajar, aktivitas, dan respon siswa. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan mengalami peningkatan melalui analisis N-Gain sebesar 0,74 dengan kriteria tinggi dan jumlah siswa yang tuntas pada aspek pengetahuan sebesar 87,50%. Hasil belajar siswa aspek keterampilan sebesar 3,39 dengan kriteria sangat baik dan ketuntasan 100%, sedangkan aktivitas siswa pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga berturut-turut sebesar 94,64%, 100%, 96,87%, dan 98,75% siswa sangat merespon positif pembelajaran menggunakan perangkat yang dikembangkan.

 Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, model PjBL, hasil belajar

Published
2017-04-17
How to Cite
ARVIANI PUTRI SAIFIANA, A. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 SIDOARJO. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18850
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 118