LKS “CIRCULAR CIRCUIT GAME” PADA MATERI ASAM, BASA, DAN GARAM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA SMP

  • ELI NURHAYATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menghasilkan lembar kegiatan siswa yang dapat melatihkan keterampilan proses sains (KPS) pada siswa SMP kelas VII. Kelayakan LKS yang dikembangkan diuji berdasarkan aspek telaah dan validitas, kepraktisan dan keefektifan dengan menggunakan metode validasi, observasi, tes KPS, dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D yang terdiri atas studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian, yang dibatasi sampai pada tahap pengembangan (uji coba terbatas). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi, lembar pengamatan keterampilan proses sains siswa, lembar tes keterampilan proses sains siswa yang berupa pre-test dan post-test, serta lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian, LKS Circular Circuit Game layak ditinjau dari aspek validitas dengan persentase sebesar 96,1% (sangat layak), aspek kepraktisan dengan persentase sebesar 89,2% (sangat baik), dari aspek keefektifan memperoleh hasil N-gain sebesar 0,66 (sedang) dan hasil respon positif siswa sebesar 90% (sangat layak). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS Circular Circuit Game yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat melatihkan keterampilan proses sains serta mendapat respon positif dari siswa.

 Kata kunci: LKS Circular Circuit Game, Asam, Basa, Gram, Keterampilan Proses Sains.

Published
2017-04-17
How to Cite
NURHAYATI, E. (2017). LKS “CIRCULAR CIRCUIT GAME” PADA MATERI ASAM, BASA, DAN GARAM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18851
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 49