PENERAPAN MODEL POGIL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI HASIL BELAJAR

  • YUNIAR DWI SETYANING

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perangkat pembelajaran IPA SMP dengan model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) pada materi “Getaran dan Gelombang” untuk melatihkan keterampilan proses ditinjau dari hasil belajar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di SMPN 32 Surabaya dengan menggunakan 15 sampel. Hasil belajar pada penelitian ini ditinjau dari ketuntasan setiap aspek keterampilan proses sains dan peningkatan nilai pretest-posttest. Adapun hasil dari penelitian ini adalah rata – rata gain setiap aspek keterampilan proses sains sebesar 0.56 dengan kategori sedang dimana aspek keterampilan menganalisis data menjadi aspek yang mengalami peningkatan tertinggi dengan peningkatan sebesar 53% dan tes keterampilan proses sains yang memiliki rata – rata gain sebesar 0.72 dengan kriteria tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA model POGIL dapat melatihkan keterampilan proses sains siswa ditinjau dari hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Model POGIL, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar

Published
2017-04-17
How to Cite
DWI SETYANING, Y. (2017). PENERAPAN MODEL POGIL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI HASIL BELAJAR. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18852
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 0