KEEFEKTIFAN PERMAINAN SCIENCE ARCHERY GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DITINJAU BERDASARKAN AKTIVITAS SISWA DAN PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

  • HARTATIK ANGGRAENI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media permainan Science Archery Game yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Selain itu, tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan keefektifan permainan Science Archery Game ditinjau berdasarkan aktivitas siswa dan peningkatan pemahaman konsep siswa pada sub materi wujud zat dan perubahannya berdasarkan nilai pretest dan posttest. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Uji coba terbatas dilakukan kepada 16 siswa kelas VII dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Science Archery Game sebagai media pembelajaran dinyatakan sangat efektif dengan persentase hasil pengamatan aktivitas siswa sebesar 98,75% dan peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Peningkatan pemahaman konsep siswa yang dianalisis dengan menggunakan n-gain sebesar 0,64 dalam kategori sedang. Selain itu, peningkatan pemahaman konsep tiap aspek juga mendapat skor n-gain yang baik yaitu menginterpretasi 0,67 dengan kriteria sedang, membandingkan 0,60 dengan kriteria sedang, mengklarifikasi 0,81 dengan kriteria tinggi, memberi contoh 0,40 dengan kriteria sedang, membuat inferensi 0,47 dengan kriteria sedang, dan menjelaskan 0,81 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan Science Archery Game dinyatakan sangat efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang ditinjau berdasarkan aktivitas siswa dan peningkatan pemahaman konsep siswa.

Kata kunci : Permaianan Science Archery Game, Keefektifan Media, Aktivitas Siswa, Pemahaman Konsep.

Published
2017-04-17
How to Cite
ANGGRAENI, H. (2017). KEEFEKTIFAN PERMAINAN SCIENCE ARCHERY GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DITINJAU BERDASARKAN AKTIVITAS SISWA DAN PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18854
Abstract Views: 216
PDF Downloads: 185