KELAYAKAN TEORITIS LKS BERBASIS GUIDED DISCOVERY BERDASARKAN HASIL TELAAH DAN VALIDASI

  • MARIA NUR ULFA

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kelayakan teoritis LKS berbasis guided discovery berdasarkan hasil telaah dan validasi dari ahli materi dan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D dengan parameter diukur secara diskriptif kuantitatif.  Hasil telaah berupa saran dan masukkan dari dosen penelaah untuk perbaikan LKS yang dikembangkan. Kelayakan teoritis berdasarkan validitas para ahli memperoleh persentase kelayakan LKS 1 sebesar 84,15% dan LKS 2 sebesar 84,59% dengan kategori sangat layak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa berbasis guided discovery layak digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil respon siswa memperoleh rata-rata persentase respon positif sebesar 94,7% dengan kategori sangat layak.

Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Kelayakan Teoritis

Published
2017-04-27
How to Cite
NUR ULFA, M. (2017). KELAYAKAN TEORITIS LKS BERBASIS GUIDED DISCOVERY BERDASARKAN HASIL TELAAH DAN VALIDASI. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18901
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 53