KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DITINJAU DARI KEPRIBADIAN INTROVERT DAN EXTROVERT PADA MATERI KALOR

  • YUBHANIR MUJI RAHAYU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan penalaran siswa SMP dalam menyelesaikan masalah ditinjau dari kepribadian introvert dan kepribadian extrovert pada materi kalor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek pada penelitian ini meliputi tiga siswa kepribadian introvert dan tiga siswa kepribadian extrovert dengan kemampuan kognitif yang setara (tinggi) dan berjenis kelamin sama yaitu laki-laki. Kemampuan penalaran dianalisis berdasarkan indikator yang digunakan yaitu (1) kemampuan menghubungkan keterkaitan antara unsur-unsur dalam permasalahan, (2) kemampuan mengajukan dugaan, (3) kemampuan memeriksa kesahihan suatu argumen, (4) kemampuan menarik kesimpulan dari pertanyaan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada indikator pertama subjek introvert maupun subjek extrovert mampu menggunakan keterkaitan keseluruhan informasi yang ada dalam permasalahan. Pada indikator kedua dugaan yang dibuat subjek introvert dan extrovert sudah tepat selain itu subjek introvert dan extrovert mampu memberikan alasan yang logis. Pada indikator ketiga baik subjek introvert maupun subjek extrovert telah mampu memeriksa kesahihan suatu argumen, hal ini terlihat dari jawaban yang benar beserta menggunakan alasan dan bukti yang tepat. Pada indikator keempat subjek introvert mampu menarik kesimpulan dari sebuah pernyataan tetapi subjek extrovert belum mampu karena subjek extrovert tidak dapat menunjukkan bukti yang mendukung. Dari penjelasan tersebut, diketahui bahwa subjek introvert telah memenuhi keempat indikator kemampuan penalaran yang digunakan, sedangkan untuk subjek extrovert hanya memenuhi tiga indikator kemampuan penalaran.

Kata Kunci: Penalaran, Kepribadian Introvert-Extrovert, Kalor

Published
2017-04-27
How to Cite
MUJI RAHAYU, Y. (2017). KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DITINJAU DARI KEPRIBADIAN INTROVERT DAN EXTROVERT PADA MATERI KALOR. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18906
Abstract Views: 136
PDF Downloads: 152