KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IX

  • MAYANG INDRAWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan LKS berbasis etnosains pada materi bioteknologi untuk melatihkan kemampuan proses sains siswa kelas IX. Lembar kerja siswa ini dikembangkan dengan menggunakan pengembangan R&D (Research and Development), namun hanya sampai uji coba terbatas. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas IX-A SMPN 1 Mejayan tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 siswa dan desain ujicoba penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Keefektifan diperoleh dari aktivitas siswa terhadap LKS dan juga nilai pretest dan posttest. Aktivitas siswa terhadap LKS diperoleh persentase skor rata-rata sebesar 87,76% dengan kategori sangat layak. Keefektifan kedua pada soal pretest dan posttest diperoleh N-Gain sebesar 0,70 dengan predikat tinggi. Disimpulkan bahwa lembar kerja siswa berbasis etnosains pada materi bioteknologi untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa kelas IX dinyatakan sangat layak berdasarkan aspek keefektifan. 

Kata Kunci : Keefektifan, Etnosains, Keterampilan Proses Sains

Published
2017-04-27
How to Cite
INDRAWATI, M. (2017). KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IX. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18911
Abstract Views: 706
PDF Downloads: 645