PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA

  • ASTI MUNINGGAR

Abstract

Penelitian pengembangan yang telah dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan LKS berbasis permainan edukatif pada sistem gerak manusia baik secara teoritis maupun empiris. Kelayakan secara teoritis dilihat dari data validitas yang dilakukan oleh para ahli. Sedangkan kelayakan secara empiris dilakukan melalui ujicoba terbatas pada 16 siswa di SMP Al Falah Ketintang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (tanpa melalui tahap disseminate). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui validasi para ahli, tes tertulis dan angket respon siswa yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan memperoleh persentase validitas sebanyak 89,6% dengan kategori sangat layak, persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan berturut-turut mencapai 87,5% dan 100% dengan kategori sangat layak, serta persentase respon siswa mencapai 86,4% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis permainan edukatif pada materi sistem gerak manusia yang dikembangkan sangat layak secara teoritis dan empiris.

Kata Kunci : LKS, permainan edukatif, dan sistem gerak manusia.

Published
2017-04-28
How to Cite
MUNINGGAR, A. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18924
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 41