PENERAPAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) IPA TIPE WEBBED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LIMBAH RUMAH TANGGA KELAS VII

  • YOSEFIN MARGARETTA

Abstract

Penulisan dari penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa setelah menerapkan LKS IPA Terpadu tipe webbed pada tema limbah rumah tangga. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan menggunakan rancangan percobaan One Group Pretest-Posttest Design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII-F dan VII-G di SMP Negeri 1 Kota Mojokerto. Berdasarkan hasil analisis nilai pretest dan posttest  kelas VII-F mengalami peningkatan hasil belajar dengan N-Gain  sebesar 0,57 dengan kategori sedang, pada kelas VII-G sebesar 0,48 dengan kategori sedang.  Hasil belajar pada kompetensi keterampilan di kelas VII-F mengalami peningkatan, pada pertemuan pertama mencapai nilai sebesar 74 dengan kategori baik dan pada pertemuan 3 mencapai nilai sebesar 83 dengan kategori sangat baik, dan di kelas VII-G pada pertemuan pertama mencapai nilai 74 dengan kategori baik dan pertemuan ketia mencapai nilai 85  dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan Lembar Kegiatan Siswa tipe webbed dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci:  Hasil Belajar, LKS, Tipe Webbed 

Published
2017-06-02
How to Cite
MARGARETTA, Y. (2017). PENERAPAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) IPA TIPE WEBBED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LIMBAH RUMAH TANGGA KELAS VII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/19485
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 71