KELENGKAPAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA SERTA KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS VIII SMP

  • NUR AIDATUL MALA

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa KIT pratikum Zat Adtif berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Metode pengembangan menggunakan metode 4D dengan uji coba terbatas dilakukan di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Kelayakan media pembejaran yang berupa KIT pratikum Zat Aditif ditinjau dari 3 aspek (validitas, kepraktisan, keefektifan). Hasil penelitian menunjukkan kelayakan KIT pratikum Zat Aditif dari aspek veliditas  sebesar 95,0%, kepraktisan dari hasil keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93,8 %, keefektifan dari hasil tes keterampilan proses sains siswa dan hasil respon siswa 100 % terhadap pengembangan KIT pratikumZat Aditif. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berupa KIT pratikum Zat Aditif layak dari aspek validitas, kepraktisan, keefektifan.

Kata Kunci: kelengkapan media pembelajaran, ketrampilan proses sains

Published
2017-06-02
How to Cite
AIDATUL MALA, N. (2017). KELENGKAPAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA SERTA KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS VIII SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/19486
Abstract Views: 147
PDF Downloads: 118