PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY MATERI SISTEM TRANSPORTASI DI KELAS VIII

  • PUTRI IRAWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa di kelas VIII dengan model guided inquiry pada materi sistem transportasi Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Pretest dilakukan sebelum dilaksanakan pembelajaran dengan model guided inquiry, selanjutnya dilakukan posttest setelah dilaksankan pembelajaran guided inquiry.   Data yang diperoleh di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh dari keefektifan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil belajar keterampilan berpikir kritis siswa, aktivitas dan respon siswa.Hasil belajar keterampilan berpikir kritis siswa dapat diketahui  peningkatan rata-rata nilai siswa dari 35,67 menjadi 72,87 melalui analisis N-Gain sebesar 0,58 dengan kriteria sedang, sedangkan rata-rata aktivitas siswa selam 3 pertemuan sebesar 85,62 termasuk dalam kategori sangat baik dan 93,90% siswa sangat merespon positif pembelajaran menggunakan model pembelajaran guide inquiry. Disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry pada materi sistem transportasi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

Kata Kunci:Model pembelajaranGuided Inquiry dan keterampilan berpikir kritis siswa

Published
2017-06-13
How to Cite
IRAWATI, P. (2017). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY MATERI SISTEM TRANSPORTASI DI KELAS VIII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/19720
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 82