PENERAPAN MEDIA PERMAINAN SCIENCE WIQU GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA

  • ERMA SUKMAWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan respon siswa setelah menggunakan media permainan Science Wiqu Game pada materi perubahan fisika dan kimia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest dengan subjek ujicoba 30 siswa kelas VII-E SMPN 3 Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah menggunakan media permainan Science Wiqu Game mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal mencapai 86,7%. Nilai yang diperoleh siswa pada hasil pretest sebesar 58,67 dan hasil posttest sebesar 82,13 menunjukkan adanya peningkatan yang diuji dengan N-gain score sebesar 0,6 dengan kategori sedang. Respon yang diperoleh setelah menggunakan media permainan Science Wiqu Game sebesar 97,2% menunjukkan bahwa media permainan Science Wiqu Game dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Media Permainan Science Wiqu Game, Hasil Belajar.

Published
2017-06-14
How to Cite
SUKMAWATI, E. (2017). PENERAPAN MEDIA PERMAINAN SCIENCE WIQU GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/19816
Abstract Views: 167
PDF Downloads: 215