EFEKTIFITAS PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG TIGA DIMENSI (TTS3D) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas media permainan teka-teki silang tiga dimensi (TTS3D) sebagai media pembelajaran materi interaksi makhluk hidup. Jenis penelitian ini menggunakan desain Researh and Development (R & D) yang dibatasi hingga tahap keenam yakni, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba terbatas. Uji coba media dilakukan kepada 20 siswa kelas VII-D di MTsN Babat Lamongan dengan menggunakan One Group Pretest and Postest Design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar tes. Teknik pengumpulan data dengan cara tes tulis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, media permainan ini dinyatakan efektif.
Kata Kunci: permainan teka-teki silang tiga dimensi, pemahaman konsep, interaksi makhluk hidup.
PDF Downloads: 58