UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY PADA MATERI CERMIN DAN LENSA

  • FEBRIAN DEIZA IVA HANANINGSIH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap penerapan model guided discovery. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi. Observasi dalam penelitian ini ditujukan untuk menilai aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan model guided discovery. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 3 Sidoarjo yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada aspek aktivitas mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru pada siklus I sebesar 31,44% meningkat menjadi 33,71%, aspek aktivitas membaca buku BSE sebesar 11,17%  meningkat menjadi 12,31%, aspek mengemukakan pendapat sebesar 7,95% meingkat menjadi 10,04%, aspek diskusi sebesar 24,05% meningkat menjadi 42,23%, aspek bertanya pada guru sebesar 4,17% menjadi 9,47%, aspek melakukan percobaan sebesar 14,77% menjadi 36,36% dan terdapat penurunan pada perilaku tidak relevan sebesar 6,44% menjadi 5,87%.

Kata Kunci:aktivitas siswa, guided discovery, cermin dan lensa.

Published
2017-07-05
How to Cite
DEIZA IVA HANANINGSIH, F. (2017). UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY PADA MATERI CERMIN DAN LENSA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/20044
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 73