PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA SIMULASI PhET PADA MATERI GELOMBANG UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP

  • SAPITRI RAHAYU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan media simulasi PhET pada materi gelombang. Penelitian ini adalah penelitian pre eksperimental dengan desain “One Group Pretest Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 22 Surabaya semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-F dan VIII-G. peningkatan pemahaman konsep dianalisis dengan N-Gain score. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan di kedua kelas. N-Gain score sebesar 0,76 untuk kelas VIII-F dan sebesar 0,78 untuk kelas VIII-G dengan kategori tinggi di kedua kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan media simulasi PhET dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Kata kunci:  Pendekatan Saintifik, Simulasi PhET, Pemahaman Konsep.

Published
2017-07-12
How to Cite
RAHAYU, S. (2017). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA SIMULASI PhET PADA MATERI GELOMBANG UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/20170
Abstract Views: 222
PDF Downloads: 232